Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Perbedaan Pull Up Dan Chin Up



Assalamualaikum wr. wb.
Menyambung postingan sebelumnya tentang cara melakukan pull up bagi pemula, kali ini Sehat Tanpa Alat akan membahas tentang perbedaan pull up dan chin up.


Kita telah mengetahui bahwa pull up merupakan olahraga tanpa menggunakan beban yang menggunakan bobot tubuh kita sendiri sebagai bebannya. Karena tanpa menggunakan beban, kita tidak perlu pergi ke gym untuk latihan pull up. Layaknya push up, pull up juga memiliki berbagai variasi, salah satunya adalah chin up.


Lalu? Apa bedanya pull up dengan chin up?

Pull up dan chin up memiliki berbagai perbedaan. Perbedaan itu terletak pada pegangan, otot yang dilatih, dan tingkat kesulitan.

1. Pegangan

Terdapat perbedaan pegangan antara pull up dengan chin up. Pada pull up, posisi telapak tangan menghadap ke depan,  sedangkan pada chin up, posisi telapak tangan menghadap ke belakang. Gambar di bawah ini mungkin membantu sobat membedakan pegangan pull up dan chin up.

2. Otot yang dilatih

Karena pegangan pull up dan chin up berbeda, maka akibatnya otot yang dilatih juga memiliki sedikit perbedaan. Pull up lebih memfokuskan pada pembentukan otot punggung (latissimus dorsi) dan otot bahu (deltoid dan trapezius), sedangkan chin up lebih memfokuskan pada pembentukan otot bicep dan otot dada (pectoral). But in general, otot yang dilatih saat pull up maupun chin up relatif sama, yaitu otot punggung (latissimus dorsi), otot bahu (deltoid dan trapezius), otot dada (pectoral), tricep, bicep, dan sedikit otot perut (abdominal).

3. Tingkat kesulitan

Untuk tingkat kesulitan, pull up sedikit lebih sulit dilakukan daripada chin up. Oleh karena itu, bagi pemula yang belum kuat pull up sama sekali, lebih baik berlatih chin up terlebih dahulu untuk membangun kekuatan otot. Setelah bisa melakukan 5-6 repetisi chin updalam satu set, pada saat ini sobat pasti bisa mendapat 1-2 repetisi pull up.

Setelah saya tau perbedaan pull up dan chin up, sebaiknya saya melatih yang mana?

Sebaiknya sobat melatih keduanya, baik pull up maupun chin up. Kenapa? Karena masing-masing gerakan fokus pada bagian otot yang berbeda, maka lakukan keduanya untuk melatih otot punggung dan bicep.

Sobat lagi ingin fokus melatih otot punggung dan otot bahu? Lakukan pull up!
Sobat lagi ingin fokus melatih otot bicep dan otot dada? Lakukan chin up!
Intinya, lakukan secara teratur dan dengan gerakan yang benar pula.

Sekian postingan kali ini yang berjudul Perbedaan Pull Up dan Chin Up. Semoga bermanfaat.

 Wassalamualaikum wr. wb.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perbedaan Pull Up Dan Chin Up"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top