Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

9 Variasi Gerakan Pull Up Yang Wajib Dicoba


Pada kesempatan kali ini Sehat Tanpa Alat akan membahas tentang 9 variasi gerakan pull up yang wajib dicoba.

Pull up merupakan salah satu latihan bodyweight yang merupakan favorit bagi para pecinta street workout. Mengapa? Jawabannya adalah pull up adalah latihan yang melatih tubuh bagian atas secara menyeluruh, baik itu lengan, dada, bahu, punggung, maupun perut. Oleh karena itu menguasai gerakan pull up secara baik dan benar adalah suatu keharusan.


Pull up memiliki banyak sekali variasi yang dapat membuat latihan pull up sobat menjadi tidak membosankan. Namun tidak semua variasi pull up ini dapat dilakukan oleh pemula. Ada beberapa variasi pull up yang cukup sulit dilakukan dan membutuhkan persiapan repetisi pull yang tidak sedikit. 


Berikut ini beberapa variasi gerakan pull up yang wajib dicoba.
1. Pull Up Klasik/Pull Up Normal

Pull up normal ini adalah salah satu jenis pull up dimana pull up dilakukan dengan pegangan overhand atau pegangan dengan telapak tangan menghadap ke depan. Lebar tangan pun hanya selebar bahu. Pull up ini melatih otot lengan, otot punggung, dan sedikit otot dada.

2. Wide Grip Pull Up/Pull Up Dengan Pegangan Lebar

Wide grip pull up adalah pull up yang eksekusinya hampir sama dengan pull up normal. Perbedaannya adalah pegangan pada wide grip pull up lebih lebar dibandingkan dengan pegangan pull up normal. Dengan pegangan lebih lebar, maka otot punggung yaitu latissimus dorsi akan bekerja lebih keras. Maka dari itu wide grip pull up merupakan latihan untuk membentuk V Shape Body yang paling bagus.

3. Close Grip Pull Up/Pull Up Dengan Pegangan Sempit

Close grip pull up adalah pull up yang pegangannya sempit dan antara kedua tangan hampir bersentuhan. Close grip pull up ini lebih memfokuskan pada kontraksi otot tangan dalam mengangkat maupun menurunkan tubuh. Jadi jika sobat ingin lebih memfokuskan kerja otot kepada otot tangan maka close grip pull up merupakan latihan yang tepat.
 4. Chin Up/Underhand Pull Up

Chin up adalah pull up yang pegangannya berbeda dengan pull up. Jika pada pull up telapak tangan menghadap ke depan, maka pada chin up telapak tangan menghadap ke belakang. Chin up ini lebih melatih otot bicep ketimbang otot punggung, cocok jika sobat sedang fokus untuk membesarkan bicep. Baca perbedaan chin up dan pull up disini.
5. Typewriter Pull Up/Side To Side Pull Up

Typewriter pull up adalah salah satu variasi pull up yang cukup susah untuk dilakukan. Typewriter pull up ini memerlukan otot bahu yang kuat. Variasi gerakan pull up ini dilakukan dengan cara memulai pull up pada posisi seperti biasa namun pusatkan tenaga di salah satu lengan ketika menarik tubuh keatas sehingga tubuh akan tertarik ke salah satu sisi. Pull up ini sangat bagus untuk melatih lengan sobat terutama bahu sehingga bahu sobat akan terlihat lebar.
6. Leg Raise Pull Up

Selain melatih otot lengan dan otot punggung, leg raise pull up juga melatih otot perut sobat. Cara melakukannya sama seperti pull up normal namun bedanya jika pada pull up normal kaki sobat lurus ke bawah, maka pada leg raise pull up sobat perlu mengangkat kaki sobat sehingga antara badan dan kaki membentuk sudut 90 derajat.
 7. Hanging Oblique Raise

Variasi gerakan pull up yang satu ini sebenarnya bukan merupakan gerakan pull up karena sobat tidak mengangkat kepala sobat melampaui tiang pull up. Hanging oblique raise adalah gerakan melatih otot perut terutama otot perut samping. Cara melakukannya yaitu dengan bergelantungan di tiang dan menekuk lutut sambil dibawa ke kiri dan ke kanan sambil merasakan kontraksi pada otot perut samping.
8. Weighted Pull Up

Weighted pull up adalah pull up yang lebih sulit dikarenakan ada tambahan beban. Otot yang dilatih pada weighted pull up sama dengan otot yang dilatih pada normal pull up, bedanya pada pull up jenis ini intensitas latihannya lebih tinggi dan hasilnya pun lebih maksimal nantinya.
 9. One Arm Pull Up

One arm pull up adalah variasi gerakan pull up yang paling sulit karena sobat hanya menggunakan salah satu tangan untuk mengangkat tubuh sobat. Untuk dapat melakukan one arm pull up perlu latihan yang ekstra keras dan waktu yang lama. Jika sudah menguasai one arm pull up, sobat sudah bisa disebut dewa pull up hehehe.

Nah,  9 variasi gerakan pull up di atas adalah variasi gerakan pull up yang wajib sobat coba agar latihan pull up sobat bervariasi dan tidak membosankan.

Demikian postingan kali ini tentang 9 variasi gerakan pull up yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "9 Variasi Gerakan Pull Up Yang Wajib Dicoba"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top