Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Cara Melakukan Dips Bagi Pemula




Dips adalah salah satu latihan yang sangat efektif untuk membentuk otot tubuh bagian atas atau upper body muscle. Seperti latihan bodyweight lainnya, dips adalah gerakan compound yang melatih berbagai jenis otot, antara lain otot dada (pectoral), otot bahu (deltoid), otot punggung (back muscle), dan otot trisep (tricep).

Dips tergolong olahraga yang dapat dilakukan dimana saja, asalkan ada dua tiang sejajar yang kira-kira tinggi sepinggang. Jika sobat tidak punya tiang sejajar (parallel bar), sobat juga bisa meletakkan dua buah kursi kokoh dan sama tinggi sedemikian rupa sehingga dapat untuk melakukan dips.

Berikut adalah cara melakukan dips dengan benar bagi pemula
  1. Berdiri di tengah tiang sejajar (atau di tengah kursi yang sama tingginya tadi)
  2. Genggam kedua tiang dengan tangan
  3. Angkat kaki dari tanah sehingga sekarang sobat bertumpu pada kedua tangan
  4. Kuatkan pegangan, lalu tekuk siku sehingga kepala dan dada sobat bergerak ke bawah
  5. Saat siku sudah tertekuk kira-kira sebesar 90 derajat, maka luruskan kembali siku dengan menggunakan kekuatan tangan dan mengontraksikan otot dada juga.
  6. Ulangi gerakan dengan sempurna dan terkontrol 
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini


Tambahan
-Saat dada sobat berada di bawah, otot yang berkontraksi secara dominan adalah otot dada. Sedangkan saat dada sobat berada di atas, otot yang berkontraksi secara dominan adalah otot trisep dan otot bahu.
-Terdapat dua variasi pada dips, yaitu dips dada/chest dips dan dips trisep/tricep dips. Baca tentang kedua variasi dips tersebut disini.

Bagi yang belum kuat melakukan dips
Dips merupakan latihan yang cukup susah untuk dilakukan. Bagi yang belum kuat untuk melakukan dips pada tiang sejajar, maka dapat melakukan dips pada sebuah kursi, nama latihannya adalah bench dips. Bench dips relatif lebih mudah dilakukan.





Sekian postingan Sehat Tanpa Alat tentang cara melakukan dips bagi pemula. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Melakukan Dips Bagi Pemula"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top