Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Latihan Otot Perut Bukan Hanya Sit Up Saja

Pada postingan kali ini tanpabarbel.com akan membahas tentang latihan otot perut yang sebenarnya tidak hanya terpaku pada sit up saja.

Otot perut biasa disebut juga otot abdominal atau otot core adalah otot besar pada manusia. Otot ini banyak menjadi idaman para kaum pria. Pria yang memiliki perut six pack akan terlihat lebih keren dan lebih gagah.

Otot perut memiliki berbagai fungsi yang sangat penting dan fungsi utamanya adalah menstabilkan dada dan pinggul selama sobat melakukan gerakan dinamis.

Manfaat latihan otot perut
  1. Memperbaiki postur tubuh dan mencegah sakit pinggang (low back pain).
  2. Membantu menjaga kesehatan otot inti dan otot penggerak lainnya, sehingga mencegah cedera lebih lanjut.
  3. Meningkatkan kinerja tubuh
  4. Menjaga perut agar tidak buncit
  5. Melatih keseimbangan pijakan
 Sit Up

Sit up adalah latihan otot perut paling populer. Sit up melatih otot perut bagian tengah dan merupakan gerakan yang dapat memperkuat otot perut. Sobat tinggal berbaring di lantai dan menekuk kaki (biasanya kaki dipengangi oleh teman). Kontraksikan otot perut dan angkat kepala sampai dada mendekati lutut. Setelah itu turunkan kepala dengan gerakan yang terkontrol sehingga kedua siku menyentuh lantai. Lakukan berulang-ulang hingga failure.

Crunches
Crunches adalah latihan yang hampir sama dengan sit up. Bedanya jika sit up sobat mengangkat kepala sehingga dada mendekati lutut, maka pada crunches sobat mengangkat kepala dan mendekatkan dagu pada dada seperti gambar di atas. Crunches ini sedikit lebih sulit daripada sit up karena crunches hanya menggunakan otot perut saja untuk mengangkat kepala, tanpa kontraksi otot kaki seperti halnya sit up.
Leg raise


Leg raise merupakan latihan otot perut yang lebih melatih otot perut bagian bawah. Pelaksanaannya yaitu sobat hanya perlu berbaring telentang dengan kaki lurus dan rapat. Angkat telapak kaki sampai membentuk sudut 90 derajat seperti pada gambar dengan lutut lurus tidak ditekuk. Kemudian turunkan perlahan namun jangan sampai menyentuh lantai. Ulangi beberapa kali sampai failure

Bicycle kick
Latihan ini merupakan latihan yang cukup susah dilakukan karena memerlukan kekuatan otot perut dan juga keseimbangan. Bicycle kick melatih otot perut baik itu otot perut atas maupun bawah. Cara melakukannya yaitu dengan mengkombinasikan gerakan crunches dan leg raise, namun lakukan dengan bersilangan seperti pada gambar.

Hanging oblique raise

Hanging oblique raise ini adalah latihan otot perut samping (otot oblique). Latihan ini membutuhkan sebuah palang/bar yang cukup kuat untuk menahan bobot tubuh sobat. Cara melakukannya adalah dengan bergantungan pada tiang tsb. lalu mengangkat kaki sambil menekuk lutut (gambar kiri). Setelah itu putar lutut ke kiri dan ke kanan sehingga terasa kontraksi dari otot perut samping (gambar kanan). Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya!

Plank

Latihan yang satu ini adalah latihan yang simpel tapi cukup susah dilakukan. Perlu otot perut yang stabil dan keseimbangan yang baik dalam mengeksekusi latihan ini. Sobat hanya tinggal mengambil posisi seperti gambar dan menahan posisi tersebut selama mungkin. Terdengar mudah namun sebenarnya cukup susah. Lakukan minimal selama 30 detik dan tambah durasi tsb. seiring berkembangnya otot perut sobat.

Kardio
Otot perut yang kuat namun tertutupi oleh lemak tentu tidak akan terlihat bagus. Maka dari itu sobat perlu membuang timbunan lemak di perut agar otot perut sobat terlihat keren. Sobat dapat melakukan latihan kardio seperti lari, bersepeda, berenang, yoga, dan lain-lain. Dengan mengkombinasikan latihan kekuatan dan latihan kardio, maka niscaya otot six pack yang sobat idamkan akan terwujud.

Sekian postingan kali ini tentang latihan otot perut yang sebenarnya bukan hanya sit up saja. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Latihan Otot Perut Bukan Hanya Sit Up Saja"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top