Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Kesalahan-kesalahan Umum Saat Pull Up


Assalamualaikum wr. wb.

Terkait postingan sebelumnya tentang perbedaan pull up dan chin up, kali ini Sehat Tanpa Alat akan membahas tentang kesalahan-kesalahan umum saat pull up.

Seperti yang telah saya tulis di postingan sebelumnya, pull up merupakan olahraga membentuk badan tanpa menggunakan barbel melainkan menggunakan berat tubuh sebagai beban.

Gerakan pull up merupakan gerakan yang sangat mudah dilakukan, tetapi masih banyak orang yang masih salah atau kurang benar saat melakukan pull up.


Berikut adalah kesalahan-kesalahan umum saat pull up:
1. Terlalu fokus pada bicep
Berbeda dengan chin up yang lebih berfokus pada bicep, gerakan pull up lebih ditujukan untuk melatih otot punggung (latissimus dorsi). Maka dari itu, sobat harus sebisa mungkin berkonsentrasi untuk mengkontraksikan otot punggung sobat. Tips yang paling gampang adalah dengan membayangkan sobat sedang menarik palang pull up ke bawah, bukan mendorong dada ke atas.

Jika sobat ingin melatih bicep tanpa menggunakan barbel/dumbel, sebaiknya sobat melakukan chin up.


2.  Tidak melakukan full range of motion

Full range of motion pada pull up adalah dari keadaan menggantung dengan siku lurus (dead hang) sampai tubuh terangkat hingga dagu berada di atas bar. Hindari mengangkat tubuh kembali saat siku masih dalam keadaan menekuk (flex hang). Hindari juga menurunkan tubuh sobat saat dagu belum melewati bar.

3. Mengayunkan kaki

Mengayunkan kaki dapat menciptakan momentum sehingga pull up dapat lebih mudah dilakukan. Namun, hal ini tentu mengurangi kontraksi yang diterima oleh punggung sobat sehingga latihan kurang efektif. Sebaiknya hindari mengayunkan kaki sehingga latihan sobat efektif dan maksimal.

4. Mendorong kaki ke depan

Mendorong kaki ke depan dapat membuat kaki dan tubuh menjadi tidak lurus dimana hal itu seharusnya dihindari. Sobat dapat sedikit menekuk lutut sobat untuk menjaga agar tubuh dan kaki dalam keadaan lurus.

4 kesalahan-kesalahan di atas termasuk kesalahan mendasar yang sebaiknya sobat hindari jika sobat ingin pull up yang sobat lakukan maksimal.

Sekian postingan kali ini tentang kesalahan-kesalahan umum saat pull up. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kesalahan-kesalahan Umum Saat Pull Up"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top