Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Variasi Latihan Dips (Trisep VS Dada)


Dips adalah salah satu latihan yang sangat bagus untuk melatih otot tubuh bagian atas. Dips bekerja untuk otot dada (pectoral), otot bahu (deltoid), otot trisep (tricep muscle), dan otot punggung (back muscle).

Sampai saat ini, dips masih merupakan latihan favorit bagi para pecinta street workout untuk melatih otot dada mereka. Walaupun dips adalah latihan compound, tetapi dips tidak kalah dengan bench press dalam urusan menebalkan otot dada.

Namun, tahukah sobat bahwa terdapat variasi latihan dips? Secara garis besar, dips dibedakan menjadi dua, yaitu chest dips dan tricep dips.

CHEST DIPS
Chest dips adalah latihan dips yang lebih memfokuskan pada kontraksi otot dada secara maksimal. Chest dips inilah yang digemari para pecinta street workout dan disebut-sebut lebih efektif ketimbang bench press.

TRICEP DIPS
Tricep dips adalah latihan dips yang lebih memfokuskan pada kontraksi otot tricep dalam melakukan repetisi per repetisi. Tricep dips dapat digunakan untuk melatih tricep jika sobat sudah mulai bosan dengan push up. Dips ini pun lebih sulit dilakukan dibanding push up.

PELAKSANAAN
Pada dasarnya, chest dips maupun tricep dips pelaksanaannya sama (baca: cara melakukan dips bagi pemula), namun terdapat beberapa perbedaan, antara lain:

  •  Posisi badan
Pada chest dips, posisi badan lebih kedepan dan ke baawh. Dengan begini, maka lebih banyak serat otot dada yang akan berkontraksi. Sedangkan pada tricep dips, posisi badan tegak dan tidak terlalu ke depan.

  •  Lebar pegangan
Pegangan pada chest dips lebih lebar dibanding dengan tricep dips, hal ini bertujuan untuk mengaktifkan kerja dari otot dada bagian samping.

  • Posisi siku
Pada chest dips, siku lebih mengarah keluar membentuk seperti anak panah jika dilihat dari atas, istilahnya adalah flare out. Namun pada tricep dips, siku lebih didekatkan kepada tubuh sobat.

  • Gerakan positif dan negatif
Gerakan positif yaitu gerakan pada saat sobat berusaha mendorong tubuh sobat ke atas sedangkan gerakan negatif adalah gerakan saat sobat menurunkan tubuh sobat. Nah, pada chest dips, sobat lebih fokus pada gerakan negatif agar otot dada lebih bekerja maksimal.

CATATAN
- Baik chest dips maupun tricep dips merupakan gerakan compound yang melibatkan banyak bagian otot berbeda, sehingga sangat disarankan untuk melakukan keduanya.
- Chest dips relatif lebih sulit dilakukan dibanding tricep dips.
-Dips adalah latihan yang menyenangkan :)

Sekian postingan Sehat Tanpa Alat tentang variasi latihan dips (trisep vs dada). Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Variasi Latihan Dips (Trisep VS Dada)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top