Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Kesalahan Dalam Push Up - Gerakan Yang Salah

gerakan push up yang benar


Semua orang tahu bahwa push up adalah latihan yang paling populer dari sulu sampai sekarang. Selain karena gerakannya yang cukup simpel dan tidak membutuhkan alat, push up menjadi favorit karena memiliki banyak sekali manfaat diantaranya melatih otot dada, otot tricep, otot bahu, dan otot perut.

Meskipun demikian masih banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat push up (Baca: Cara melakukan push up dengan benar). Tentu hal ini akan mengurangi efektivitas push up. Maka dari itu tanpabarbel akan me-list kesalahan-kesalahan dalam push up beserta pembenarannya.
 1. Jarak tangan yang terlalu lebar
jarak tangan terlalu lebar

Banyak sumber mengatakan bahwa jarak tangan memengaruhi push up sobat. Jarak tangan yang sempit (narrow grip push up/diamond push up) akan lebih menekankan kontraksi otot tricep dan jarak tangan yang lebar akan lebih menekankan kontraksi otot dada. Namun jarak tangan yang terlalu lebar akan membahayakan sobat karena akan terasa sangat berat dan dapat menyebabkan cedera.

Solusi: Sebaiknya sobat gunakan jarak tangan selebar bahu demi keamanan push up sobat.

2. Siku yang membuka terlalu kesamping
siku yang membuka terlalu kesamping

Saat push up sobat tidak perlu membuka siku sobat terlalu kesamping. Push up yang benar saat diamati dari atas maka akan terlihat seperti anak panah. Dengan kata lain siku sobat akan membentuk sudut 30 derajat terhadap tubuh sobat.
 3. Tidak melakukan repetisi penuh
Gerakan push up yang benar yaitu push up yang dilakukan secara penuh (one full repetition). One full repetition dimulai dari bawah yaitu pada saat siku menekuk dan dada hampir menyentuh tanah. Selanjutnya angkat tubuh sobat sampai siku lurus. Nah banyak yang tidak melakukan gerakan ini secara benar. Banyak yang hanya sedikit mengangkat tubuh sehingga siku tidak sampai lurus. Saat menurunkan tubuh pun banyak yang tidak sampai ke bawah. Hal tersebut harus dihindari.
4. Bokong terangkat seperti push up lumba-lumba
push up lumba-lumba yang salah

 Pada saat melakukan push up tubuh sobat harus lurus dan tidak boleh menekuk. Kebanyakan orang saat melakukan push up bokong mereka tidak ikut turun mengikuti kepala mereka sehingga yang terlihat naik turun hanya kepala saja dan terlihat seperti push up lumba-lumba.

Solusi: Seharusnya saat melakukan gerakan menurunkan tubuh, baik kepala dan bokong harus turun agar badan tetap lurus.

Nah, diatas adalah empat kesalahan yang sering dilakukan saat push up. Kesalahan diatas nampak sepele dan kecil namun tetap harus dihindari agar manfaat gerakan push up yang benar dapat sobat rasakan 100%.

Sekian postingan Sehat Tanpa Alat kali ini tentang kesalahan dalam push up - Gerakan yang salah. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kesalahan Dalam Push Up - Gerakan Yang Salah"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top