Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Perbedaan Push Up Dada Dan Tricep


Assalamualaikum wr. wb.
Kali ini tanpabarbel.blogspot.com akan membahas mengenai perbedaan push up dada dan tricep.


Push up merupakan latihan compound yang melibatkan banyak otot antara lain otot dada, tricep, bahu (deltoid), dan core. Namun push up dapat difokuskan untuk melatih otot tertentu. Umumnya ada dua fokus saat melakukan push up, yaitu fokus ke otot dada ataupun fokus ke otot tricep.

Perbedaan push up dada dan tricep.
1. Posisi siku
Pada push up dada siku lebih ditarik keluar membentuk sudut 45 derajat terhadap tubuh, sedangkan pada push up tricep siku dirapatkan ke tubuh.

2. Lebar tangan
Lebar tangan pada push up dada biasanya selebar bahu bisa juga lebih lebar (wide push up), sedangkan lebar tangan pada push up tricep biasanya selebar bahu atupun lebih sempit (narrow grip push up dan diamond push up).
3. Posisi telapak tangan
Pada push up dada, telapak tangan diletakkan agak ke belakang (di samping pinggang agak ke depan) sedangkan pada push up tricep telapak tangan diletakkan lurus di bawah bahu.
4. Fokus gerakan
Untuk dapat melatih otot dada dengan push up, maka perlu difokuskan di setiap repetisi agar fokus kepada kontraksi otot dada. Saat melakukan gerakan menurunkan tubuh, maka fokuslah pada gerakan menurunkan bahu dan lakukan dengan perlahan. Kunci siku sobat supaya tidak bergerak supaya kontraksi pada otot dada makin terasa.

Fokus mengontraksikan otot tricep dengan push up lebih mudah, sobat hanya perlu fokus pada gerakan menekuk  dan meluruskan siku. Pada push up ini, siku tidak perlu dikunci.

Perbedaan-perbedaan di atas sebenarnya bertujuan untuk lebih fokus mengontraksikan otot tertentu. Namun push up masih tetap merupakan latihan compound yang efektif untuk membentuk tubuh bagian atas.

Sekian artikel kali ini tentang perbedaan push up dada dan tricep. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Perbedaan Push Up Dada Dan Tricep"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top