Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Cara Menambah Repetisi Push Up


Push up merupakan salah satu latihan paling populer dari dulu sampai sekarang. Push up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, push up memiliki segudang manfaat jika dilakukan secara rutin.

Push up tidak membutuhkan alat apapun. Berat tubuh sobat sendiri lah yang akan menjadi beban (resistance). Semakin berat tubuh sobat, maka makin susah push up dilakukan.


Saat push up, banyak sekali otot yang dilatih, antara lain otot tricep dan dada (paling dominan), otot bahu, dan otot perut.
Cara push up yang benar
Belum kuat push up? Lakukan ini!
Untuk yang belum bisa atau belum menguasai gerakan push up yang benar, sobat dapat melihat artikel di atas. Bagi yang sudah dapat melakukan push up dengan benar, silahkan lanjut baca ke bawah.

Berikut ini adalah cara menambah repetisi push up versi Sehat Tanpa Alat.
1. Lakukan lebih banyak set
Set adalah suatu ronde gerakan yang terdiri dari sejumlah repetisi tertentu.  Misalnya sobat melakukan 20 kali push up lalu sobat beristirahat, maka bisa dibilang sobat melakukan satu set push up dengan 20 repetisi.

Dalam melakukan push up umumnya banyak yang hanya melakukan satu set dengan repetisi semampunya. Nah, dalam hal ini sobat perlu menambah jumlah set yang sobat lakukan. Minimal 5 set push up dengan 60-90 detik istirahat antar set. Jika sobat mengalami penurunan repetisi di set-set selanjutnya, tidak masalah, itu adalah hal yang wajar.
2. Berlatih lebih sering, tetapi tidak setiap hari
Otot sobat perlu dilatih dengan keras, namun juga perlu mendapat istirahat yang cukup. Sobat dapat berlatih 3-4 kali per minggu. Nah, dalam setiap minggunya, sobat juga perlu memilih satu hari sebagai hari istirahat (rest day), biasanya hari Minggu.

3. Variasikan gerakan push up sobat
 Push up memang merupakan latihan yang sederhana, namun push up juga memiliki berbagai variasi. Nah sobat perlu memvariasikan gerakan push up sobat agar otot sobat dapat berkembang dan dapat Tmelakukan lebih banyak repetisi push up nantinya.

Baca: Variasi Push Up Yang Wajib Dicoba
4. Tambahkan beban/resistance saat push up
Menambah beban/resistance saat push up merupakan hal penting. Sobat dapat memakai tas yang berisi beban seperti buku atau barbel agar push up terasa lebih sulit. Sobat juga dapat melakukan decline push up atau one leg push up. Dengan begini, otot sobat akan beradaptasi dengan beban yang lebih berat sehingga nantinya saat sobat melepas beban tsb. maka sobat akan dapat melakukan push up lebih banyak.

Decline Push Up dan One Leg Push Up

Cara-cara diatas perlu diterapkan secara konsisten dan teratur agar repetisi push up sobat dapat bertambah. Hal yang paling penting adalah lakukan push up dengan gerakan yang benar. Jangan bohongi diri sobat sendiri.

Sekian postingan Sehat Tanpa Alat tentang cara menambah repetisi push up. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Cara Menambah Repetisi Push Up"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top