Sehat Tanpa Alat

Website tentang latihan membentuk tubuh dan menjaga kebugaran yang dilakukan tanpa menggunakan barbel. #calisthenics #bodyweight

Powered by Blogger.

Progresi: Cara tepat menguasai gerakan bodyweight

Olahraga calisthenics/street workout sudah menjadi tren baru. Olahraga ini memang terbilang cukup menyenangkan untuk dilakukan sebab cenderung dilakukan di tempat terbuka (outdoor). Tidak seperti nge-gym yang bertujuan untuk membesarkan otot, calisthenics cenderung bertujuan melatih kekuatan dan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Gerakan calisthenics umumnya menggunakan beban tubuh atau istilahnya bodyweight. Gerakan bodyweight sangat beragam. Mulai dari yang basic seperti push up dan pull up hingga yang advanced seperti planche, muscle up, handstand push up, dan one arm pull up.

One Arm Pull Up
Bagi seseorang yang baru memulai street workout, umumnya mereka tidak mengetahui cara tepat menguasai gerakan bodyweight. Misalkan saja pull up. Para pemula cenderung untuk menirukan orang-orang yang sudah bisa melakukan secara langsung, dengan langsung mencoba untuk melakukan pull up. Karena mereka baru mencoba, tentu strength mereka belum terbentuk dan otot mereka belum siap. Hal ini mengakibatkan gerakan mengayun (kipping), menekuk kaki, dll. yang "mencurangi" pull up.


Tidak jarang juga para pemula yang gagal melakukan pull up langsung menyerah dan mereka menjadi hilang minat untuk melanjutkan latihan. Hal tersebut tentu jangan sampai terjadi ya. Untuk itu pada kali ini Sehat Tanpa Alat membagikan tips untuk menguasai gerakan bodyweight, yaitu dengan progresi (progression).

Progresi adalah cara menguasai gerakan bodyweight tertentu dengan cara menguasai gerakan lain yang lebih mudah dengan tujuan untuk mempersiapkan strength yang cukup dan sekaligus membiasakan otot. Gerakan yang lebih mudah tersebut tentu saja harus melatih kelompok otot yang sama dengan gerakan utama.

Misal Aldi akan berlatih pull up. Ternyata saat pertama kali mencoba melakukan pull up, Aldi hanya mendapat 1 repetisi atau bahkan tidak bisa sama sekali. Hal itu mengindikasikan bahwa otot yang kekuatan yang Aldi miliki belum cukup untuk melakukan pull up secara benar (strict form). Dengan begitu, Aldi harus melakukan progresi, yaitu menguasai gerakan lain yang lebih mudah namun melatih kelompok otot yang sama. Dalam kasus ini Aldi harus menguasai australian pull up, jump pull up, jump negative pull up, dan jump pull up hold. Jika Aldi sudah menguasai gerakan-gerakan yang disebutkan maka dijamin Aldi akan bisa melakukan pull up.

Sampai disini sobat pasti sudah mengetahui apa itu progresi dan bagaimana progresi sangat efektif dalam berlatih bodyweight. Pada artikel selanjutnya Sehat Tanpa Alat akan menjabarkan lebih detil tentang progresi pull up (Artikel sudah ada. Baca: Rahasia Menguasai Pull Up dengan Progresi). Dan tidak hanya itu, tentu progresi untuk gerakan lain seperti push up, muscle up, dan yang lainnya akan diulas di web ini.

Sekian artikel kali ini yang berjudul Progresi: Cara tepat menguasai gerakan bodyweight. Semoga bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Progresi: Cara tepat menguasai gerakan bodyweight"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top